Creative People

Steve Paul Jobs, Muhammad Yunus, Fujiko F Fujio, Genghis Khan

Steve Paul Jobs

Wah…..…. Ketika saya berbicara tentang om Steve atau dengan nama lain Steve Paul Jobs saya merasa berterimakasih karena dengan besarnya ego yang ada dalam diri steve maka terlahirlah karya-karya dari technologi yang sangat saya nikmati sampai saat ini, di mulai Komputer (Machintos) sampai laptop (MacBook), dari alat pendengar musik (I-Pod) hingga alat telekomunikasi (I-Phone). Tidak diragukan lagi kreatifitas yang dimiliki oleh Steve dapat mengatarkan dirinya pada kesuksesan .

Steve adalah seorang entrepreneur yang memiliki kekuatan marketing yang sangat luar biasa. Salah satu buktinya adalah presentasi apple. Presentasi adalah salah satu skill yang harus dimiliki oleh seorang marketer, dan Steve sangat piawai dalam menampilkan presentasinya, ini dia presentasinya:

 

Tidak diragukan lagi bahwa steve sangat hebat dalam berkomunikasi, terbuktikan dalam presentasinya dia hanya menggunakan tulisan atau gambar atau angka yang besar hingga memenuhi layar agar mudah untuk di ingat dan lebih menarik daripada melihat kumuplan kata, ini adalah bukti tingginya innovasi dalam diri Steve. Seni dalam menyampaikan presentasinya memerlukan kreatifitas tingkat tinggi.

 

Saya sangat terkesan dengan rencana marketing yang dilakukan oleh Steve, seperti penjualan Mp3 yang biasanya didapatkan dengan gratis tetapi oleh steve di jual dengan harga sekitar satu dolar, hasilnya luar biasa sangat banyak orang yang membeli Mp3 melalui I-Tunes store pada saat ini. Selain itu penjualan I-Phone pada generasi pertama dijual dengan harga sekitar 400-500 dolar, pada generasi berikutnya dijual dengan harga 99 dolar. Luar biasa sangat mengagumkan otak steve yang sangat kreatif dan innovatif dapat memberikan dampak yang sangat luar biasa dalam menjalakan bisnis.

 

 Image I-Phone dan I-Tunes

Selain itu ada cara lain lagi yang digunakan oleh Steve dalam mengenbangkan produknya yaitu dengan tidak ada penambahan spesifikasi dengan hanya menambahkan saja seperti yang biasa dilakukan oleh SONY. Steve lebih memilih menambah dan mengurangi spesifikasi dalam produknya. Contohnya setiap generasi baru dalam laptop Macbook Pro penambahan selalu disertai oleh pengurangan spesifikasi yang dianggap kurang menguntungkan oleh Steve. Macbook Pro edisi terbaru di cabut VGA dan ditambah Spesifikasi untuk menambah kecepatan proses loading. Bukti lain bahwa steve jobs suka dengan penambahan dan pengurangan ialah I-Pod yang dulunya memiliki fitur radio pada generasi terbaru di tahun 2008 tidak ada radio.

Image Macbook and I-POD

Pada saat Steve masih muda dia di drop out dari reed collage di Portland dan dia tetap ikut dalam pelajaran mata kuliah kaligrafi. Bila dia tidak ikut dalam mata kuliah ini maka bentuk produk-produk apple tidak akan seindah ini. Kreatifitasnya dalam mengembakan bentuk produk apple yang simple tetapi sophisticated sangatlah mengagumkan, tidak diragukan lagi para pengguna apple sangat menyukainya, hal ini membuat banyak pelanggan apple menjadi fanatik dan selalu antusias menunggu produk-produk baru lainya.

 

 Steve menggunakan keratifitas dalam berbagai segi kehidupan. Mau bukti? Boleh coba deh lihat setiap presentasi dari Steve pasti sangat menarik dan sangat menawan kalau saya sedang melihat om jobs lagi presentasi kelihatan deh, kereeeeeeeeeeeeeeeen.

Selain memiliki Apple, Steve juga memiliki Pixar dan Disney. Pixar yang dimiliki Steve berkembang pada tahun1987 setahundari pemnelian oleh Steve danbekerja sama dengan disney untuk Graphic film animasi.Good movement by Pixar.

Pixar sendiri mulai mulai terjun dunia perfilman animasi dengan TOY STORY, hebatnya lagi steve pada tahun 2006 membeli sebagian besar saham disney. Salah satu bentuk dari Steve mendukung kreatifitas dan innovasi karena disney adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang yang sangat melekat dengan kreatifitas. GO… Steve 🙂

Steve sangat menyukai film animasi yang memiliki grafik yang sangat baik seperti Toy Story (1995),  A Bug’s Life (1998), Toy Story 2(1999), Monsters, Inc. (2001), Finding Nemo (2003), The Incredibles (2004), Cars (2006), Ratatouille (2007), and WALL-E (2008).

Menurut saya STEVE JOBS =Never ending Imagination

  

 

Muhammad Yunus:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Foto Pak Yunus ketika mendapatkan Nobel tahun 2006

Dia adalah seseorang yang mendapatkan nobel perdamaian karena dapat menemukan dan mengembangkan bank untuk rakyat miskin. Selain itu dapat di tindak lanjuti dengan pengembangan makanan  murah dengan garmen danone. Grameen danone adalah salah satu dari ide Pak Yunus untuk membantu rakayat miskin agar dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari, ini adalah salah satu bentuk kreatifitas level 4 yaitu memberdayakan yang sudah ada. Pak yunus sudah terbukti memiliki konsep-konsep kreatif dalam menghadapi kemiskinan.

Muhammad yunus lahir di Bangladesh, tepatnya di desa yang bernama Chittong  pada tanggal 28 Juni 1940 dari 14 bersaudara. Pak Yunus menyelesaikan gelar doctornya pada tahun 1971 di Vanderbilt University dahulu dia bekerja pada sebuah bank di Bangladesh, seorang pengamat ekonomi, sekaligus sebagai Profesor Ekonomi yang menjadi terkenal hingga mendapatkan nobel  karena berhasil mengembangkan mikro kredit di Bangladesh dengan mendirikan Bank Grameen. Maksud dari Pak Yunus adalah dengan memberikan pinjaman-pinjaman untuk UKM (Usaha Kecil Menengah) atau untuk mereka yang kurang mampu agar dapat melaksanakan usaha. Sekilas Tentang  profil Pak Yunus dari Bangladesh.

Nah. Saya mengangap Pak yunus sangat kreatif dan inovatif karena dengan metode yang di terapkan oleh pak yunus yaitu kredit yang dapat di bayar kapanpun dan berapapun oleh kaum miskin oleh orang miskin yang ingin berdagang, besarnya cicilan adalah $ 15. Butuh keberanian untuk mengambil langkah kreatif ini dalam mengembangkan bank, Terutama pada waktu itu Pak Yunus mengembangkan teory ini pada keadaan social pada suatu negara yang mengangap orang miskin tidak mungkin mengembalikan uang pinjaman. Terbukti banayk pakar ekonomi yang meragukan akan idenya pada waktu itu. Hasil dari terobosan atau innovasi yang dilakukan Pak yunus adalah Bangladesh banyak sekali rakyat miskin yang terangkat dan dapat hidup cukup dan bahagia.

Foto mereka yang sangat terbantu dengan adanya kredit dari Grameen Bank

 Saya sangat suka dengan pendapat pak yunus, saya mengutip dari bukunya Meciptakan Dunia Tanpa Kemiskinan, “Rakyat miskinpun layak mendapatkan pinjaman kredit  dan “Kemiskinan adalah ancaman bagi perdamaian”.

Selain mendirikan Bank untuk rakyat miskin Pak Yunus juga banyak menemukan teori-teori tentang perusahaan social, contoh : Perusahaan berbasis Bisnis Sosial harus dapat bersaing dengan perusahaan yang berbasis PMB, padahal dulunya tidak ada orang yang mengimplementasikan bahwa perusahaan bertujuan social dapat hidup sendiri dan berkelanjutan.

Kebanyakan perusahaan sosial atau lebih tepatnya lembaga social hanya meminta uang dari perusahaan yang berbasis PMB dan ketika uang itu habis mereka akan berkampanye tentang kepedulian social.

Dengan ilmu yahng dimiliki oleh Pak yunus, terutama tentang ilmu ekonominya dia berkareatif ria dengan mengubah sistem-sistem bank yang berlaku menjadi lebih fleksibel.

KAGUMKU UNTUK PAK YUNUS

 

Fujiko F Fujio

Teman-teman sekalian pasti kenalkan sama yang namanya DORAEMON, saya gak percaya kalau sampe ada yang gak kenal sama DORAEMON. Nah Doraemon tuh tokoh komik yang sangat saya senangi karena dapat mengabulkan permintaan dengan teknologi yang ada dimasa depan. Fujiko F Fujio adalah nama samaran dua orang komikus komik DORAEMON sedangkan nama asli mereka ialah Fujimoto Hiroshi (1 Desember 193323 September 1996) dan Abiko Motoo (10 Maret 1934). Pada tahun 1987, duo tersebut berpisah dan masing-masing kemudian dikenal sebagai Fujiko F. Fujio yaitu Fujimoto Hiroshi dan Fujiko Fujio yaitu Abiko Motoo.

Kedua komikius ini dapat menggabungkan ide-ide kreatif mereka dan mencinptakan banyak karya-karya komik terkenal, rata-rata dari komik mereka memiliki cerita yang sangat imaginatif. Bukti dari kreatifitas mereka selain dari komik DORAEMON adalah Astro Boy, Ninja Hatori, Paman.

Dalam komik-komik ini sangatlah banyak produk-produk yang unik dan sangat menyenangkan bila digunakan, berawal dari komik kemudian menjadi inspirasi anak muda jepang untuk menciptakan produk kreatif.

Masing-masing dari komik tersebut memiliki latar yang berbeda dan setiap komik memiliki teknologi yang berbeda zaman. Penggunaan teknologi dalam komik-komik tersebut sangatlah kental, ditambah dengan alur cerita yang sangat asik untuk di ikuti sehingga membuat kedua komikus ini banyak mendapatkan award. Bahkan hampir dari semua komik mereka di jadikan film.

Komik yang mendidik bisa menjadi inspirsi generasi penerus agar berkreasi penuh kreatifitas

 

Temujin/Genghis Khan

Saya menulis temukin sebagai orang kreatif setelah saya menonton film mongol di Blitz Mega Plex. Saya rasa temujin atau Genghis Khan memiliki kreatifitas yang sangat tinggi terbukti dengan strategi perangnya yang terkenal dengan memanfaatkan medan perang, cuaca, dan keadaan politik sekitar. Hal ini yang menyebabkan penerusnya membawa bangsa mongol menguasai lebih dari setengah asia.

Temujin adalah anak dari seorang Khan (Raja di mongol disebut khan) dari salah satu klan di mongol yang bernama qabul khan. Ayahnya mati diracun pada saat di berumur 9 tahun. Temuin harus sanggup melawan kerasnya daerah mongol pada umur tersebut membuatnya menggunakan segala cara agar dapat bertahan hidup. Ditambah lagi dengan pengkhianatan dari sukunya sendiri membuat temujin menjadi sangat menderita. Hidup dengan cara berburu merupakan pilihan yang paling signifikan pada saat itu. Pada saat dewasa temujin membasmi semua musuh-musuhnya damn menyatukan mongol sehingga dia di juluki Genghis Khan (Khan dari semua khan).

 Sisi kreatif Gengkhis Khan adalah strategy perangnya, yang jarang kalah dalam peperangan:

Dalam memimpin pasukannya Temujin menggunakan cara tingkatan, Tingkatannya adalah sepuluh jendral yang memimpin seratus bawahanya yang memimpin 1000 yang memimpin 10000. Dari mulai 1000 terdapat “noyan” yang berfungsi  langsung memiberikan laporan keadaan kepada tiap tingkatan.

Pada zaman tersebut temujin sangat mengadalkan kuda dan panah sehingga tentaranya dapat memenah sambil menaiki kuda. Selain itu temujin sangat memehami bahwa perencanaa yang matang sangat diperlukan maka dia memerintahkan beberapa orang pintar pada saat itu untuk selalu membuat peta sebelum  perang.

Tentara temujin diwajibkan menguasai teori pura-pura kalah, disaat mereka berperang di haruskan dapat berpura-pura mundur padahal disaat musuh merasa mereka menang dan mulai kehilangan konsentrasi tentara temujin siap mengahbisinya dengan serangan-serangan jebakan.

Ketentaraan Genghis Khan tidak membedakan dari mana orang itu berasal. Jendral-jendaral Khan tidak di dasarkan pada suatu suku tetapi berdasarkan loyalitas dan kepintaran.

 

 

 

 

 

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s