THE MOST Creative Company

Google &Apple

Google

Image Google

Google. Siapa si di dunia ini yang belum pernah denger google? Yaa ada siy pasti, tapi hampir semua orang tau google. Google adalah perusahaan publik yang markasnya ada di Mountain View, California, Amerika Serikat. Google merupakan search engine yang paling besar dan lengkap di dunia internet, juga bisa jadi tempat iklan online. Jadinya, Google jadi sangat terkenal dimana-mana karena layanan pencarian web-nya, yang juga jadi faktor utama kesuksesan perusahaan ini. pada tahun 2007, Google merupakan search engine yang paling sering digunakan di internet dengan market share 53.6%, diikuti Yahoo (19.9%) dan Live Search (12.9%). Google memiliki milyaran web, jadi pengguna Google bisa nyari informasi apapun yang mereka inginkan, dengan hanya memakai kata kunci.

Layaknya dewi persik yang kalo duet sama inul bisa bkin bumi ini bolong 300,000 kilometer, maka pendiri Google ini juga adalah sepasang duet-maut mahasiwa yang terlalu-pintar dari Stanford university, Larry Page sama Sergey Brin. Kepintaran keduanya yang emang pinter mampus, makanya mereka bisa banget menciptakan ladang duit kayak Google ini. Mungkin mereka bingung, mau bikin apa so the world could be a better place, apakah komputer tanpa screen *emang enak?*, mouse yang bisa makan keju beneran *buat apa..?*, ato program komputer kayak Jarvis yang ada di film ‘Iron Man’ *wahh mauu!!!*. Akhirnya, yang tercipta adalah Google, perusahaan yang sekarang udah punya 19.604 karyawan dan bernilai kurang lebih $23 milyar. Dari mulai pengembangan produk baru, pengambil alihan dan mitra, Google ini udah ekspansi bisnis-nyari-nyari-lewat-internet ini sampe ke area lain, kayak email berbasis web, peta online (Google Earth), tuker-tukeran video kayak Youtube, dan lain-lain.

Apa sih yang spesial dari google? Menurut gw, kebudayaan perusahaan ini, atau sering disebut Google Philosophy, jadi hal yang paling unik dan beda dari perusahaan manapun yang ada di dunia ini. Filosofi Google, seperti don’t be evil”, sama “work should be challenging, and challenge should be fun,” bisa banget ngegambarin budaya perusahaan yang super santai dan sama skali ga menekan pekerjanya. Mereka bener-bener dibebasin buat ber-ekspresi seluas-luasnya, bahkan mereka didorong untuk berkreasi. Para petinggi2 google tau banget, kreativitas itu ga terbatas, dan emang ga seharusnya dibatasi. Dan buat mereka, semua pekerja Google itu kreatif dan berpotensi, with no exception. Jadi, mereka menciptakan lingkungan kerja yang super asoy dan kondusif buat kerja, kayak Googleplex.

                                   

Ibarat Zordon-nya Power Ranger yang bermarkas di Monumen Pancasila di Dipati Ukur Bandung *hehehe*, Googleplex ini juga markas besarnya para orang-orang pintarnya Google yang super pintar dan super kreatif. Googleplex, adalah plesetan dari googolplex, yang berarti angka 1 yang diikuti seratus nol, dan mungkin Google termotivasi untuk mencapai keuntungan yang 0-nya berpangkat ratusan atau bahkan ribuan karena kata Googleplex ini. Di komplek perusahaan ini, mereka bisa bekerja skaligus tinggal semau mereka. Soalnya, fasilitas yang disediakan perusahaan agak-agak ga wajar dan unik. Lobinya didekorasi dengan piano, lampu lava, kumpulan server lama, dan proyeksi tanda tanya di dinding. Lorong-lorongnya penuh dengan bola dan sepeda latihan, dan semua karyawannya memiliki full access buat masuk ke pusat-pusat hiburan dan olahraga di Googleplex ini. Saking uniknya, kantor ini juga nyediain sebuah gimnasium lengkap dengan alat-alat olahraga. Belum lagi ditambah dengan kolam renang, lapangan voli pantai, ruang pijat, tempat main video game, meja Foozball, grand piano, meja bilyar, ping pong, dan lain-lain.

Itu semua juga belum selesai, soalnya ditambah dengan tersedianya bejibun makanan dan snack-snack yang bneran ada di setiap sudut kantor. Menuju ruang rekreasinya, ada ruang makan yang berisi macem-macem sereal, Gummy Bears, gulagula, permen hitam, kacang mede, yogurt, wortel, buah-buahan yang tentunya masih seger, dan juga lusinan minuman kayak jus segar, soda, capucino, dan lain-lain.

Denger-denger siy ya, buat masuk Googleplex dan menjadi salah satu karyawannya susaaaaahh banget, soalnya yang jadi karyawan disini harus melalui berbagai tes yang rumit dan aneh. Yaah intinya kalo kreatif dan pinter baru deh bisa masuk sini, ato kata lainnya yaa emang bener-bner terpilih aja. Mungkin, Google adalah tempat kerja impian buat semua orang. Siapa siy yang ga mau kerja di kantor yang ada berbagai alat hiburan dan makanan tersebar dimana-mana? Graatiiiiiiiiiiiss, pula. Hehehehe.

Jadi bingung ya, ini kantor ato tempat rekreasi.. Well mungkin orang-orang google mikirnya ini tempat bermain sekaligus bekerja. Dan untuk mempertahankan budaya unik punya Google ini, mereka telah menghasilkan seorang Chief Culture Officer pada tahun 2006, yang juga merangkap jadi Chief Human Resource-nya Google. Job desc-nya si Chief Culture Officer ini adalah untuk membangun dan mempertahankan budaya dan kerja di jalan yang bener dan ga melenceng dari inti awal didirikannya perusahaan Google ini.

Dan terbukti, dengan adanya tempat ini dan didukung dengan fasilitas-fasilitas yang tersedia di dalamnya, perusahaan Google dengan para karyawannya terus berkembang pesat dan banyak mengeluarkan produk-produk dan aplikasi mereka yang kreatif dan jarang ada orang lain yang bisa nyiptain itu. Contoh-contoh produk Google tuh banyak banget, kayak Pencarian Gambar, Google News, situs perbandingan harga Google Product Search, arsip Usenet interaktif bernama Google Group, Google Maps, Google Earth, dan lainnya. Tahun 2004, Google meluncurkan layanan emai berbasis web mereka yang gratis, Gmail. Uniknya, Gmail ini punya fitur teknologi penyaringan spam, juga kemampuan untuk menggunakan teknologi Google untuk mencari email. Ada juga Google Video yang diluncurkan tahun 2006, yang memperbolehkan penggunanya untuk mencari dan melihat video secara gratis, bahkan bisa juga video-video itu disebarkan isinya.

Saking kreatipnya, bahkan mereka nyiptain juga produk aneh-aneh mereka yang sebenernya ga terlalu berguna, tapi ya diciptain dan dikomersilkan karena unik dan lucu aja. Tahun 2004, mereka ngeluncurin Google Lunar, yang kata mereka ini dipake buat nyari lowongan pekerjaan di bulan; dan tahun 2005, sebuah minuman fiksi perangsang otak, Google Gulp diluncurkan. Terus, tahun 2006 mereka ngeluncurin Google Romance, sebuah layanan nge-date online, ato leboh gaulnya, biro jodoh-nya Google. Nah, baru deh, taun 2007, Google ngumumin dua produk lawakannya.  Salah satunya, adalah TISP, atau Toilet Internet Service Provider. Make internet dari toilet? Yaa mirip-mirip gitu juga. TISP ini bisa bikin penggunanya dapet koneksi internet dengan menyiram ujung kabel fiber optik ke toilet mereka, dan menunggu sekitar sejam untuk “Plumbing Hardware Dispatcher (PHD)”, yang pada akhirnya bisa ngehubungin dia ke internet. Yeaah, ribet, tapi nyata. Namanya juga produk lawakan.. aneh, tapi kreatip.

 

Apple

 

Apple Inc., apel, presuhaan apel? Bukan yang satu ini bukan perusahaan pengahasil apel atau distribusi apel melain kan perusahaan yang bergerak dalam bidang electronik dan software produk. Hari gini siapa yang gak kenal sama Macintosh (Hardware), iPod(alat untuk dengerin musik yang bisa di bawa kemana-mana), dan iPhone(Telepon Genggam). Tiga product ini cuman sebagian dari hasilproduk kreatifnya preusahaa Apple ini.

 

Sejarah dilahirkanya Apple. Pada tanggal 1 april 1976  tiga orang penemu dari apple Inc ini mensahkan perusahaannya. Tiga orang tersebut adalah Steve Jobs, Steve Wozniak dan Ronald wayne.

 

 

Apple Lisa yang booming tahun 1980

 

iMac 2002

iMac 2005-Current

Dahulu kala apple memiliki budaya kerja yang sangat tinngi samapai-sampai 52 jam kerja karena sangat fanatiknya para pegawai di apple. Hm,,, mungkin bukan karena para pegawai yang mau tapi steve memaksa agar para pegawai tersebut mengerahakan sekuat tenaga agar kreatifitas perusahaan benar-benar berkembang,,, waduh perusahaan ini tidak di ragukan lagi kreatifiatsnya. Tetapi pada tahun 1985 Steve keluar hingga tahun 1997 steve kembali masuk sangat banyak perubahaan pada budaya perusahaan. Hanya satu yang tidak pernah berubah di Apple yaitu menjungjung tinggi  kreatifitas.

 

Salah satu kebijakan dari Apple yang paling kreattif ialah jadikan motivasi orang-orang diluar perusahaan untuk memasarkan dan mempromosikan produk apple.

 

Contoh kreatif Iklan PC vs  Mac

 

 PC=orang Kantoran yang kaku

Mac= keren

Apple sangat kreatif bahakan dalam pembuatan design iPod di perlukan 100 design final yan gakan di seleksi menjadi 1 design yang dipakai pada ipod sekarang.

Various iPod

Bukti kreatifitas Apple terlihat dari dealer Apple

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s